Rumah Yang Nyaman untuk Dihuni Dilihat dari Sisi Desain

Agar Rumah Nyaman Dihuni
Banyak faktor yang membuat sebuah rumah yang nyaman untuk dihuni, bisa dilihat dari berbagai sisi, diantaranya faktor lingkungan, sumber dana yang digunakan untuk membangun, keharmonisan dalam keluarga, desain rumah yang digunakan untuk membangun, dsb.

Dalam tulisan ini saya ingin menyampaikan faktor kenyamanan rumah untuk dihuni dilihat dari sisi desain rumah itu sendiri. Rumah yang bakal memberikan kenyamanan bagi penghuninya dilihat dari faktor desain harus memiliki persyaratan, diantaranya sebagai berikut:
  • Desain Interior
  • Desain Eksterior
  • Struktur
  • Ventilasi
  • Pencahayaan
  • Ketinggian Bangunan
  • Desain Atap
  • Pemilihan Warna Cat
Desain Interior

Desain interior yang saya maksudkan disini bukan perabot furniture, tetapi desain tata ruang.. atau denah. Denah rumah yang dirancang dengan baik, sesuai dengan fungsi dan alur kegiatan dan gerak penghuni rumah sangat menentukan kualitas interior dari rumah yang akan dibangun. Tata ruang yang semerawut, sudah dapat dipastikan akan mengakibatkan kegagalan total bangunan sebuah rumah.

Dalam merancang sebuah denah rumah harus berdasarkan rencana kebutuhan jangka panjang, dengan memprediksi jumlah penghuni kelak kemudian hari. Juga dalam menata ruang dalam denah, harus memperhatikan luas tanah dan ukuran panjang lebar tanah yang akan dibangun, hal ini untuk menyesuaikan kebutuhan ruangan. Kebutuhan ruangan harus tercapai walaupun luas tanah tidak mencukupi dengan cara membuat rumah menjadi 2 lantai.

Desain Eksterior

Desain eksterior berkaitan dengan model dan bentuk rumah serta bagian-bagian luar dari rumah. Tampilan rumah yang bagus dilihat dari luar akan memberikan kesan kenyamanan baik bagi penghuni rumah atau orang lain yang melihatnya. Penataan bagian luar rumah seperti tembok luar, kusen dan jendela, taman dan lain-lain akan sangat menentukan kualitas desain eksterior sebuah rumah.

Struktur

Struktur adalah bagian-bagian dari konstruksi sebuah bangunan rumah yang menentukan kekokohan dan kekuatan sebuah bangunan rumah, seperti pondasi, sloof, kolom, lantai beton,  dan konstruksi beton lainya. Pada bagian ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan.. sebab rumah adalah tempat berlindung dari panas, hujan, angin, gempa,dan faktor alam lainnya. Dengan konstruksi struktur yang kokoh tentu akan merasa aman dan nyaman bagi penghuni.

Ventilasi

Jelas! sebuah rumah yang kuran ventilasi akan membuat rumah menjadi tidak sehat untuk dihuni dan tidak akan memberikan kenyamanan. Ventilasi bukan hanya lubang yang dpasang di atas pintu dan jendela, masih ada yang lainnya seperti lubang tangga, dan void untuk bangunan rumah berlantai lebih dari satu. Untuk rumah berlantai dua atau lebih, buatlah ruang tangga dengan ukuran yang cukup dan dapat mengalirkan udara dengan baik. Begitu juga buatlah void atau lubang dengan ukuran yang cukup.

Pencahayaan

Pencahayaan yang saya maksudkan di sini bukan lampu, tetapi cahaya alami. Upayakan setiap ruangan memiliki minimum satu sisi dinding yang menghadap ke ruang terbuka dan dipasang jendela yang cukup ukurannya.

Desain Atap

Atap dan tutup atap sangat mempengaruhi kenyamanan. Kesalahan mendesain atap, baik model, ketinggan, serta pemilihan bahan material akan membuat ruangan dalam rumah menjadi panas dan tidak nyaman.

Pemilihan Warna Cat


Warna cat yang kurang tepat, juga akan membuat tidak nyaman. Misalnya cat yang terlalu cerah pada bagian dalam dan luar rumah akan membuat mata cepat lelah.

Itulah beberapa hal yang terkait dengan kenyamanan sebuah rumah dilihat dari sisi desain. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Design Interior Rumah Minimalis All Rights Reserved.