Foto Rumah Tua Antik di Pedesaan Kota Sumedang

Inilah sebuah rumah tua antik di pedesaan kota Sumedang dengan desain arsitektur Belanda masih kokoh berdiri. Padahal usia rumah sudah lebih dari 70 tahun. Waktu saya anak-anak kelas 1 SD, rumah ini sudah ada berdiri kokoh, dan saya sering menginap di rumah ini menemani seorang kakek pemilik rumah.. sekarang umur saya sudah setengah abad lebih.

Saya tidak tahu persis kapan rumah ini dibangun, yang jelas 3 orang putra kakek pemilik rumah (semua sudah almarhum) yang 2 diantaranya adalah mantan Rektor UNPAD, yakni Prof.Dr. Didi Atmadilaga Alm., dan mantan Dekan Fakultas Peternakan IPB dan Dekan Fapoltan IPB, Prof. Dr. Juju Wahju Alm.dibesarkan di rumah ini.

Gbr 1. Tampak Sudut Kanan
Rumah ini sudah lebih dari 30 tahun ditinggal kakek pemilik rumah, tapi sampai saat saya memposting foto rumah, kondisi rumah masih kokoh berdiri di atas lahan seluas 5000 m2.  Rumput di sekeliling rumah tumbuh, sepertinya sudah kurang perawatan oleh pewaris rumah.

Gbr 2. Tampak Sudut Kiri
Saya hafal benar tata ruang rumah ini, ada 3 buah kamar tidur berukuran besar, ruangan sebelah kiri dengan jendela bulat adalah ada 2 kamar mandi (Gbr 2.), kemudiang ruang kelurga dan ruang makan berukuran besar. Pada Gbr 1. sebelah kanan tampak jendela tampak pintu masuk menuju ruang makan dan pintu garasi mobil. Pada bagian belakang (tdk terlihat) ada bangunan dapur dan gudang padi yang berukuran besar. Saya tidak tahu persis kayu apa yang digunakan.. sehingga kokoh dan kuat tahan lama.

Gbr 3. Detail Bagian Kanan
Gbr 3. adalah gambar rumah bagian depan kanan, ada tulisan "Tani Mukti". Tama tersebut sangat terkenal pada waktu itu, semua orang se desa pasti akan mengenal siapa "Tani Mukti".

Gbr 4. Detail Bagian Kiri
Rumah tersebut kini hanya tinggal kenangan, 50 tahun yang lalu saya sering berada didalamnya, menginap menemani kakek pemilik rumah.

Bagi Anda para desainer rumah, saya kira desain rumah di atas bisa diadopsi untuk desain rumah masa kini. Sebuah rumah unik berukuran besar dengan tinggi dinding kurang lebih 400 cm sangat cocok untuk desain rumah mewah atau rumah peristirahatan/villa. Semoga gambar di atas dapat menginspirasi Anda dalam merancang sebuah desain rumah antik.

1 comments:

@Bee'_NarasiTakberarti said...

Inspiratif sekali

Post a Comment

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Design Interior Rumah Minimalis All Rights Reserved.